Alismart Edukasi

KPK dan FPB Kelas 4 SD, Cara Menghitung dan Mencari KPK FPB dengan Mudah

kpk dan fpb kelas 4 sd
Sumber : youtube rumah gemar matematika

KPK dan FPB kelas 4 SD, Jika  saat ini kamu kelas 4 SD, kamu sedang berhadapan dengan materi matematika KPK dan FPB.

Materi pelajaran matematika KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil)  dan FPB (Faktor Persekutuan Terbesar) sangat penting untuk dipahami karena kita  sering menggunakannya dalam kehidupan nyata sehari-hari.

Pengertian KPK dan FPB

Sebelum membahas secara langsung  KPK dan FPB, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu faktor, pembagian prima, bilangan prima, pohon faktor, dll.

1. Apa itu Kelipatan?

Kelipatan diperoleh dengan mengalikan suatu bilangan tertentu dengan bilangan lain, biasanya bilangan berurutan. Contohnya adalah kelipatan dari dua.

kpk dan fpb kelas 4 sd

2. Apa itu Faktor Bilangan?

Faktor adalah bilangan yang dapat membagi suatu bilangan sampai habis atau tidak tersisa. Misalnya, kita memiliki angka 10, yang faktornya adalah 1, 2, 5, dan 10. Karena angka ini bisa dibagi 10 sampai habis.

kpk dan fpb kelas 4 sd

3. Apa itu Bilangan Prima?

Bilangan prima adalah bilangan yang lebih besar dari 1 yang hanya dapat dibagi oleh 1 dan bilangan itu sendiri. Misalnya angka 2, 3, 5, 7, 11 dst. Bilangan prima pasti  ganjil, tetapi ganjil belum tentu  prima.

Angka 9 bukanlah bilangan prima, meskipun merupakan bilangan ganjil. Bilangan prima  habis dibagi tiga.

4. Apa itu Faktorisasi Prima?

Bilangan prima adalah bilangan prima yang  membagi suatu bilangan sampai habis atau tidak tersisa. Misalnya 2, 3, 5, 7 dan seterusnya.

Contoh faktorisasi bilangan prima dari angka 12  yaitu 2 × 2 × 3 = 2^2 × 3

5. Apakah pohon faktor itu?

Pohon faktor adalah cara yang biasa digunakan untuk mempermudah  mencari faktorisasi bilangan prima.

6. Apa itu Bilangan Bulat?

Bilangan bulat adalah bilangan yang merupakan himpunan (keseluruhan) dari semua bilangan yang bukan pecahan.

Bahwa ada bilangan bulat negatif, bilangan bulat positif dan nol. Bilangan bulat juga merupakan himpunan  bilangan real.

Cara Mencari FPB dan KPK, Materi Matematika Kelas 4 SD

kpk dan fpb kelas 4 sd
Sumber : belajarMTK.com

Bilangan dalam matematika dapat dibagi menjadi yang terkecil dan juga dapat dikalikan. Ini biasanya disebut  faktor dan kelipatan. Misalnya, angka 4 adalah salah satu faktor dari 36.

Apa itu faktor dan kelipatan? Faktor adalah bentuk perkalian yang memiliki hasil pasti, misalnya angka 36 adalah 36. Karena angka 36 bukan bilangan prima, ia memiliki beberapa faktor. Faktor lain dari 36 adalah 1, 2, 3, 4, 6, 9, 12, 18.

Kelipatan adalah perkalian suatu bilangan dengan bilangan lainnya. Misalnya, kelipatan angka dari 4 adalah 8, 12, dan 16. Karena, 8 adalah 4 x 2; 12 adalah 4 x 3; dan 16 adalah 4 x 4.

Apa itu FPB dan KPK? FPB adalah singkatan dari faktor persekutuan terbesar, yang berarti itu adalah faktor terbesar. Pada saat yang sama, menemukan kelipatan KPK terkecil adalah  kelipatan persekutuan terkecil.

Sebelum menentukan FPB dan KPK, ada beberapa hal yang perlu diketahui. Berikut materi yang perlu Anda pelajari.

1. Bilangan Prima dan Faktorisasi Prima

Bilangan prima adalah bilangan bulat positif atau bilangan asli  lebih besar dari 1 dan habis dibagi satu atau bilangan itu sendiri. Contoh bilangan prima kurang dari 20 adalah 2, 3, 5, 7, 11, 13, 17 dan 19.

Faktor prima adalah faktor yang merupakan bilangan prima. Misalnya, 2 dan 3 adalah faktor prima dari 36.

Pembagian dengan faktor prima adalah proses menyatakan  bilangan bulat sebagai hasil kali faktor prima atau pecahan  yang terdiri dari  pembagi yang lebih kecil dan jumlahnya. Misalnya, faktorisasi  72 adalah 2x2x2x3x3 atau 23×3²

Membagi bilangan prima mudah ditentukan, yaitu dengan menggunakan pohon faktor (membagi bilangan sehingga hanya tersisa faktor prima).

2. Pohon Faktor

Cara menghitung faktor prima dan mengetahui koefisien faktor dari 20 dan 60. Koefisien faktor dari 20 adalah 2 dan 5, yang faktor primanya adalah 2x2x5 atau 22×5. Sedangkan perkalian 60 adalah 2, 3 dan 5 dengan faktorisasi prima 2x2x3x5 atau 22x3x5.

3. Selisih FPB dan KPK

FPB: faktor sama dengan dua angka bilangan atau lebih. Faktor persekutuan terbesar

KPK: kelipatan yang sama dari dua bilangan atau lebih. Angka bilangan terkecil di antara kelipatan-kelipatan persekutuannya.

4. Cara Menghitung FPB dan KPK

FPB: Kalikan faktor yang sama  dan ambil faktor dengan pangkat terendah.

KPK: Kalikan semua faktor dan ambil faktor  pangkat tertinggi ke faktor yang sama.

Pada pohon faktor sebelumnya, yaitu 20 (faktor prima: 22×5) dan 60 (faktor prima: 22x3x5), KPK dan FPB dapat ditentukan.

FPB 20 dan 60 adalah 22×5 yaitu 20. KPK  20 dan 60 adalah 22x3x5 yaitu 60.Kegunaan FPB dan KPK

Menggunakan FPB berguna untuk menyederhanakan pecahan, contoh:  FPB dari 15 dan 35 adalah pecahan 15/35, kita bisa sederhanakan, bagi setiap angka 5 untuk mendapatkan 3/7.

FPB juga dapat digunakan untuk menentukan jumlah maksimum penerima yang akan menerima jumlah yang sama dari setiap produk yang didistribusikan dalam paket yang sama, misalnya: jika kita memiliki 12 permen dan 8 kue yang ingin kita bungkus sama rata, maka kita akan menerima maksimum  jumlah 4 bungkus (12 dan 8 FPBnya adalah 4) dengan 3 permen dan 2 kue di setiap bungkus.

KPK berguna untuk menemukan pertemuan 2 bilangan  atau lebih, misalnya menemukan pertemuan berikutnya Ani, Bety dan Lia di perpustakaan jika Ani mengunjungi perpustakaan setiap 3 hari sekali, Bety setiap hari sekali dan Lia sekali sehari. 7 hari. KPK dari 3,4, dan 7 adalah 84. Artinya mereka bertemu di perpustakaan setiap 84 hari.

Demikian pembahasan materi pelajaran matematika kpk dan fpb kelas 4 SD ini, tentang faktor persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB).

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *